Gagal Eksekusi Penalti, Argentina 1-1 Islandia [Video Highlight]

Sat, 2018-Jun-16 23:44

Moscow’s Spartak Stadium, Sabtu (16/6/2018) menjadi saksi Tim Veteran Argentina ditahan imbang saat bertemu dengan tim debutan Piala Dunia Islandia. Laga tersebut berjalan cukup mengecewakan pendukung timnas Argentina. Argentina yang unggul diatas kertas dengan komposisi pemain bintang hanya bisa bermain imbang melawan Islandia. Lionel Messi dan Sergio Aguero menjadi pilihan di lini depan. Angel Di Maria membantu keduanya dari sisi sayap. Sementara, Islandia yang tampil dengan pola 4-4-1-1 tetap menggunakan Gylfi Sigurdsson sebagai titik serangan. Pemain Everton itu berada di belakang penyerang tunggal, Alfred Finnbogason.

 Babak Pertama pertandingan dimulai dengan Argentina yang mencoba membongkar pertahanan Islandia. Meski begitu, para pemain Islandia tampil disiplin, sehingga Argentina kesulitan memperoleh peluang emas di awal-awal pertandingan ini. Islandia nampak bermain sabar, tak ingin terpancing oleh tekanan yang diberikan Argentina.

Kesempatan emas Argentina hadir pada menit kelima melalui tendangan bebas. Lionel Messi yang menjadi eksekutor sukses melengkungkan bola melewati pagar betis, meski pada akhirnya peluang tersebut belum bisa dikonversi menjadi gol.

Tiga menit berselang, Argentina kembali mendapat tendangan bebas. Kali ini Messi memberikan umpan dari situasi bola mati tersebut. Bola disambar oleh Nicolas Tagliafico dengan sundulannya. Akan tetapi, bola sundulan tersebut masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Islandia.

Argentina yang menguasai jalannya pertandingan akhirnya mampu membuka keunggulan. Tepatnya di menit ke-19, Aguero mampu membobol gawang Islandia. Gol berawal dari Rojo yang melakukan tendangan menyusur tanah. Bola lalu ditahan oleh Aguero. Dengan gerakan memutar, penyerang Manchester City itu melakukan tendangan kaki kiri yang merobek gawang Thor Halldorsson.

Tertinggal satu gol, tak lantas membuat Islandia menjadi terpuruk. Justru sebaliknya, para pemain Islandia semakin berani menyerang pertahanan Argentina.  4 Menit berselang, Islandia secara mengejutkan mampu menyamakan kedudukan. Bermula dari Sigurdsson yang bergerak di sisi kanan lalu melakukan tendangan menyusur tanah. Bola dapat ditepis oleh Caballero namun mentalannya langsung disambar oleh Finnbogason ke dalam gawang. Skor pun berubah menjadi 1-1. Argentina terus menyerang tapi pertahanan Islandia sangat solid, sehingga tidak ada tambahan gol hingga babak pertama usai.

Begitu babak kedua dimulai, Argentina lekas mengambil alih permainan ball possession dikuasai Argentinya hingga 72%. Meski begitu, para pemain Islandia tetap tidak goyah dan meredam setiap serangan yang datang. Islandia pun tak hanya sekadar bertahan, mereka mampu melancarkan serangan balik saat mendapat kesempatan, meski belum membuahkan hasil.

Argentina sebenarnya berpeluang untuk menggandakan kedudukan, tapi Lionel Messi gagal mengeksekusi penalti di menit 64. Sepakannya berhasil ditepis oleh Hannes Thor Halldorsson.

Messi sendiri memang benar-benar tak berkutik di laga tersebut, dari 11 tembakannya tak ada yang menjadi gol. Pemain Barcelona itu pun mengaku sedih gagal eksekusi penalti dan berharap Argentina bisa bangkit di laga berikutnya.

Usaha Argetina untuk membobol gawang Islandia terus berlanjut. Beberapa kali serangkaian serangan dari Messi, Aguero dan David Banega masih bisa dimentahkan pertahanan Islandia.

Hingga laga usai, kedua tim tidak lagi mencetak gol. Islandia berhasil menahan gempuran Argentina dan membuat skor tetap 1-1.

Berikut sususnan pemain Argentina dan Islandia

Argentina: Caballero; Tagliafico, Otamendi, Rojo, Salvio; Mascherano, Biglia; Meza, Messi, Di María; Agüero.

Islandia: Halldórsson; Árnason, Saevarsson, R.Sigurdsson,  Magnusson; Gudmundsson, Gunnarsson, Hallfredsson; Bjarnason, Finnbogason, G.Sigurdsson.

Comment

login for comment

comented-news