Kroasia mampu menyingkirkan Rusia melalui Drama Adu Pinalti dan Melaju ke Babak Empat Besar [Video Highlight]

Sun, 2018-Jul-08 03:28

Kroasia meraih kemenangan atas Rusia pada babk perempat final Piala Dunia 2018. Pada laga yang berlangsung di Fisht Olympic Stadium, Sochi, Minggu (8/7) dinihari WIB, berjalan dengan sengit dan harus memaksa pertadingan berjalan hingga babak adu pinalti setelah diwaktu normal kedua tim memaksa skor sama kuat 2-2. Kroasia memenangkan adu pinalti atas Tuan Rumah dengan skor 4-3 sekaligus hasil itu membawa Kroasia melaju ke semifinal untuk menantang Inggris.

Rusia lebih dulu membuka skor lewat gol Denis Cheryshev di menit ke-31, setelah bermain satu-dua dengan Dzyuba kemudian melepaskan tembakan melengkung indah dengan kaki kiri yang mengarah ke pojok atas gawang yang dikawal Subasic yang tak mampu bergerak untuk mengantisipasi bola.

Tertinggal satu gol tidak membuat Kroasia patah semangat, delapan menit kemudian mereka mampu menyamakan kedudukan lewat sundulan Andrej Kramaric di menit ke-39 setelah memdapatkan umpan silang dari sisi kiri yang diberikan oleh Mandzukic.

 

Pada babak kedua, baik Rusia maupun Kroasia sama-sama berusaha untuk menambah skor. Berbagai peluang mampu didapatkan dari serangan yang dibangun kedua tim sepanjang 45 menit babak kedua ini berlangsung.

 

Tuan rumah memiliki kesempatan langka untuk mencetak gol pada menit ke-72 saat Aleksandr Yerokhin mempunyai ruang di kotak penalti, tetapi sayang sundulannya masih mengenai  mistar gawang yang dikawal Subasic.

 

Kedua tim terus berupaya mencetak gol, akan tetapi upaya-upaya tersebut belum membuahkan hasil untuk Rusia dan Kroasia dan memaksa pertandingan harus dilanjutkan ke babak extra time.

 

Skor imbang diwaktu normal membuat pertandingan harus dilanjutkan kebabak tambahan 2x15 menit untuk menentukan siapa yang akan melaju kebabak semifinal dan akan bersua dengan Inggris.

 

Kroasia langsung tancap gas, mereka memulai inisiatif serangan untuk mengancam pertahan Rusia, dan sesekali dibalas dengan serangan balik yang dilancarkan oleh Rusia.

 

Hasilnya, menit ke-101 Kroasia mampu mebalikan keadaan menjadi 2-1 lewat gol yang dicetak Domagoj Vida setelah memanfaat bola umpan dari Luka Modric melalui sundulan.

 

Disisa pertandingan Rusia terus berusaha untuk menyamakan skor sebelum pada menit ke-115 akhirnya Fisht Olympic Stadium ini bergemuruh setelah Mario Fernandes mencetak gol. Menyambut umpan tendangan bebeas dari Dzagoev Fernandes melakukan sundulan yang bersarang mulus ke sisi kanan gawang Subasic dan membuat skor menjadi imbang 2-2.

 

Selepas gol yang dilesakan Fernandes, pertandingan kembali berjalan seru. Kroasia tidak menurunkan tensi permainan dan terus berusaha untuk mencetak gol. Namun, skor tetap imbang 2-2 hingga wasit meniup peluit panjang dan pertandingan pun terpaksa berlanjut ke babak adu pinalti.

 

Rusia mendapatkan kesempatan terlebih dahulu untuk mengambil tendangan pinalti. Adalah Fedor Somolov yang bertindak sebagai eksekutor. Sayang, bola hasil sepakannya mampu dihalau oleh Subasic sementara eksekutor dari Kroasia, Marcelo Brozovic, sukses menjalankan tugasnya dan membuat Kroasia unggul 1-0.

Rusia menyamakan skor 1-1 lewat penendang keduanya, yakni Alan Dzagoev. Sementara, Kroasia gagal kembali unggul setelah tembakan Mateo Kovacic mampu ditepis Akinfeev.

 

Rusia gagal mengambil kesempatan untuk memimpin setelah tembakan dari Mario Fernandes melenceng dari gawang Subasic. Kroasia kembali memimpin dengan skor 2-1 lewat eksekusi Luka Modric yang mampu menjebol gawang dari Akinfeev.

Dua penendang terakhir kedua tim berhasil menjalankan tugasnya, yakni Sergei Ignashevich dan Daler Kuzyaev dari Rusia, Vida dan Ivan Rakitic dari Kroasia. Drama adu penalti pun berakhir untuk kemenangan 4-3 Kroasia.

Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia ketiga untuk mengakhiri turnamen mereka dengan adu penalti, setelah Meksiko di perempatfinal 1986 dan Italia di semifinal 1990.

Comment

login for comment

comented-news