SIC Racing, Tim Balap Motor asal Malaysia Musim Depan akan Ikut Meramaikan MotoGP 2019

Fri, 2018-Jul-06 11:55

Mulai musim 2019 MotoGP akan ikut diramaikan oleh salah satu tim balap motor baru asal Malaysia, Sepang International Circuit (SIC) Racing, yang musim depan akan turut bersaing di kelas utama MotoGP.  Ini merupakan salah satu dari gebrakan dari program olahraga balap motor Malaysia.

Sebenarnya, rencana akan memiliki tim pada kelas utama MotoGP sudah terdengar sejak lama. Dan sekarang rencana tersebut bukan hanya sebagai angan-angan belaka dengan bantuan dari Petronas yang memuluskan jalan tersebut.

SIC Racing mengamankan dua slot pada kelas MotoGP setelah menggantikan tempat yang sebelumnya dipegang oleh tim Angel Nieto Racing Team (ANRT) untuk musim 2019.

“Angel Nieto Racing Team (ANRT) dan Sepang International Circuit (SIC) secara prinsip telah mencapai kesepakatan yang mana mulai MotoGP 2019, SIC akan mengambil dua slot pada kelas MotoGP yang dimiliki ANRT”, demikian pernyataan dari ANRT.

Tentang bergabungnya SIC untuk MotoGP 2019 juga dibenarkan oleh pihak Yamaha yang menyatakan telah tercapainya kesepakatan dengan SIC Racing Team sebagai tim satelit Yamaha selama tiga tahun kedepan mulai musim 2019 nanti.

“Yamaha Motor Co. dengan gembira mengonfirmasi penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Sepang International Circuit”, tulis Yamaha dalam pernyataan disitus resmi MotoGP.

Nantinya, SIC akan diperkuat oleh monster beroda dua, Yamaha YZR-M1. Keputusan ini sekaligus menghentikan upaya Yamaha dalam mencari pengganti tim satelir mereka, Tech 3, yang mulai musim depan tidak lagi bekerjasaman dengan Yamaha dan akan bergabung dengan KTM. Kabarnya kerjasama ini akan berlangsung hingga musim 2021.

“Dengan MoU antara Yamaha Motor Co. dengan Sepang International Circuit ini, tim akan menyewa motor Yamaha YZR-M1 untuk musim 2019,2020, dan 2021 sebagai tim satelit”, tulis pernyataan Yamaha.

Tentang siapa pembalap yang akan menunggani Yamaha YZR-M1, kini SIC tengah fokus untuk mencari pembalap yang akan memperkuat tim ini pada musim 2019. Nama mantan pembalap Repsol Honda dan pendatang MotoGP 2017 Franco Morbidelli menjadi dua nama yang dikaitkan dan menjadi calon kuat pembalap SIC Racing Team.

Pedrosa sendiri saat ini sudah dipastikan tidak lagi memperpanjang kerjasamanya dengan tim Repsol Honda yang posisinya digantikan oleh Jorge Lorenzo untuk musim depan. Sedangkan Franco saat ini masih berstatus pembalap dari tim Marc VDS.

Comment

login for comment

comented-news